Hidup ini Terasa Membosankan? Kunjungi 5 Tempat Inspiratif di Sekitarmu Ini!

Reflections & Inspirations

[image: kaiwind]

1.5K
Mengutip perkatan K.H Ahmad Dahlan, “Hidup ini terlalu singkat untuk dinikmati sendiri.”

“Bosan!

Hidup cuma gitu-gitu aja!”


Kata-kata tersebut sepertinya sering sekali terucap dari mulut kita. Memang, jika tidak bisa menemukan hal-hal baru, kehidupan ini bisa terasa membosankan. Hidup terasa hanya bagai perputaran siang dan malam yang terjadi terus-menerus secara tetap.

Biasanya ketika liburan, rasa bosan akan sedikit berkurang karena ada waktu untuk pergi refreshing bersama keluarga. Atau kita akan sering ke mall, kuliner di tempat favorit, ke pantai, dan sebagainya. Akan tetapi, liburan seperti ini juga tak jarang membuat kita bosan. Terkadang, hanya lelah yang terasa. Seperti rutinitas yang amat membosankan.

Nah, artikel ini akan memberikan beberapa opsi tempat yang dapat kamu kunjungi sewaktu merasa bosan dengan kehidupan.


1. Desa- Desa Kecil

[image: pegi-pegi]

Desa kecil? Kedengarannya memang sedikit aneh. Namun, tunggu dulu. Desa-desa kecil dapat menjadi opsi yang menarik. Kebetulan saya berasal dari desa, jadi sangat tahu rasanya hidup dalam pedesaan.

Di desa, kamu dapat berjumpa dengan orang-orang desa yang hidup dalam kebersamaan yang tinggi. Mereka masih sering menyempatkan waktu untuk saling berbagi canda tawa setiap hari. Di desa-desa seperti itu kamu juga dapat melihat pemandangan-pemandangan asri dan ladang-ladang yang luas.

Dibandingkan dengan kehidupan kota besar yang sangat individualistik, kamu akan sangat terinspirasi dengan kehidupan mereka dan bersyukur karenanya. Dijamin, desa-desa kecil akan membuat kamu tercengang.

Baca Juga: Inilah 3 Kekayaan yang Membuat Saya Semakin Mencintai Indonesia. Saya Menemukannya Justru ketika Studi di Luar Negeri


2. Panti Asuhan

Sekali lagi, mungkin ini kedengarannya aneh. Akan tetapi, berkunjung ke panti asuhan akan membuat kamu merasa berdaya guna. Kamu dapat menghibur anak-anak yang tidak mempunyai orangtua. Untuk sementara waktu, kamu bisa bertindak sebagai ayah, ibu, atau seorang kakak kepada mereka.

Luangkan waktumu bersama keluarga, atau bersama dengan rombongan komunitasmu di panti asuhan. Kamu pun dapat membagikan sesuatu kepada mereka. Baik itu materi, maupun hanya sekadar menemani mereka bermain dan bernyanyi.

Saya yakin, ketika pulang, kamu akan merasa kehidupanmu lebih berarti karena telah berguna untuk orang lain.


3. Panti Jompo

[i

Melihat orang-orang tua yang sudah tak berdaya akan selalu membuat kita meneteskan air mata. Terlebih lagi, mengunjungi mereka merupakan keindahan yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Kamu bisa mendoakan mereka, membantu mencukupkan kehidupan mereka, dan sebagainya.

Bayangkan kalau kamu liburan ke Bali, yang mungkin adalah liburan tahunan yang terus-menerus dilakukan. Bukankah uangnya bisa dipakai untuk hal yang lebih berguna? Kamu pun tidak akan merasa bahwa kehidupan ini tidak ada artinya lagi.


4. Penjara

Ini bisa dilakukan per kelompok. Biasanya bersama dengan rombongan gereja atau yang lain. Di penjara, kita bisa melakukan ibadah bersama atau menguatkan mereka. Kita juga dapat berdoa bersama mereka, agar mereka merasakan penghiburan dan kekuatan.

Kedengarannya menakutkan, ya? Tenang. Tempat ini tidak semenakutkan seperti yang kamu bayangkan kok.

Baca Juga: Dari Balik Jeruji Besi, Inilah 4 Hikmat Kehidupan yang Teruji


5. Kolong Jembaan Tempat Tinggal Anak-Anak Jalanan

[image: kompasiana]

Kita sering merasa bosan dengan kehidupan kita. Padahal, di saat yang sama ada orang-orang yang merindukan kehidupan kita. Sebagian dari mereka adalah anak-anak jalanan.

Anak jalanan di Indonesia sudah menjadi pemandangan setiap hari. Kamu bisa mengunjungi mereka bersama keluarga. Kalau kamu takut, kamu bisa hanya sekadar membagikan makanan ringan kepada mereka atau membelikan buku-buku yang bisa mereka baca.


Mengisi hari-hari dengan berbagai kebaikan tidak akan membuat kita bosan dengan kehidupan ini. Jika kamu bosan dengan kehidupan, maka berbuat baiklah.


Mengutip perkatan K.H Ahmad Dahlan,

“Hidup ini terlalu singkat untuk dinikmati sendiri.”


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hidup ini Terasa Membosankan? Kunjungi 5 Tempat Inspiratif di Sekitarmu Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yogi Liau | @yogiliau

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar