Diputus Pacar tanpa Alasan, Inilah 5 Hal yang Dilakukan Teman Saya untuk Bangkit dan Menata Hidupnya Lagi

Ex & Broken Hearts

photo credit: The Huffington Post

29.3K
Sakit hati karena diputus tanpa alasan adalah hal yang wajar. Namun, apa yang wajar tak boleh menjadi belarut-larut, karena akan menghancurkan kehidupan.

Siapa sih yang mau dikecewakan oleh orang yang kita kasihi. Saya yakin kita tidak mau dikecewakan. Namun, sayangnya, kekecewaan harus dialami seorang teman saya, Santi namanya. Dia sudah menjalani masa berpacaran dengan kekasihnya kurang lebih 3 tahun ini. Ia begitu mencintai kekasihnya, hingga kekasihnya mengajaknya menikah dan berinvestasi bersama. Tentunya Santi menyambut ajakan itu dengan sukacita, dan kabar tersebut pun dilanjutkan ke pihak keluarga. Hari-hari dilalui Santi dengan penuh sukacita. Sukacita yang ternyata tidak berlangsung lama.

Hingga suatu hari, sang kekasihnya tiba-tiba tidak bisa dihubungi lagi. Saat Santi mengunjungi kos-kosan kekasihnya. Ternyata dia telah pindah sejak kemarin malam. Santi begitu kecewa, Ia merasa dipermainkan oleh kekasihnya.

Beruntungnya ia sadar bahwa kekecewaannya tak akan membawa kekasihnya kembali, justru akan memperburuk kondisinya. Inilah cara Santi untuk bangkit dari rasa kekecewaan dan menata hidupnya kembali.


1. Kenali sumber kekecewaan

photo credit: Welcome to ePsyclinic

Saat kita mengenali sumber kekecewaan, maka kita dapat dengan mudah memfokuskan diri pada hal lain. Carilah seorang teman yang memahami siapa dirimu, ceritakanlan apa yang sedang kamu alami saat ini. Jika memungkinkan, sampaikan kekecewaan itu kepadanya secara langsung. Tujuan utamanya adalah menyampaikan beban masalahmu. Setidaknya hal ini akan meringankan beban di hatimu.


2. Terimalah apa yang terjadi

photo credit: Hindustan Times

Saat kita menerima keadaan yang terjadi, sebenarnya kita sedang membiarkan diri merasakan kesedihan dan kepahitan itu. Memang tidak mudah untuk melewati hal ini, saat kamu menyadari bahwa kejadian ini harus kamu hadapi. Tapi, menyangkal yang terjadi hanya akan memperlambat proses pemulihanmu dari rasa kekecewaan. Akui saja perasaanmu apa adanya.

Terkadang, perpisahan adalah jalan kebahagiaan. Karena mungkin kamu akan merasa lebih tersakiti nanti jika tidak berpisah saat ini.

Baca juga: Diputus Pacar? Jangan Gentar! Inilah 5 Langkah untuk Cetar Membahana Lagi

3. Lepaskan pengampunan

Kebanyakan orang yang telah dilukai perasaan dan hatinya enggan untuk mengampuni orang yang telah melukai. Tak jarang mereka tidak bisa bangkit dari luka hati yang dialami. Memang sulit untuk dilakukan, namun dengan mengampuni kita akan bisa menjalani kehidupan dengan ringan tanpa beban luka hati yang terus menghantui.

Saat memutuskan untuk mengampuni , sebetulnya kita sedang memberi kesempatan kepada diri kita untuk tidak mengingat kepahitan dan beban pikiran untuk membalas dendam kepada orang yang telah melukai hati kita.

Memberi pengampunan artinya memberi kesempatan pada diri sendiri untuk fokus pada hal lain yang lebih positif bagi diri sendiri.

Baca Juga : Kejujuran, Satu-satunya Jalan Penyembuhan. Inilah 7 Pengakuan yang Akan Membebaskan Diri dari Rasa Sakit karena Menyimpan Luka Batin


4. Jangan berspekulasi negatif

Semakin kita menduga-duga hal negatif maka semakin menambah rasa kekecewaan terhadap orang yang telah melukai hati. Jika ada hal yang tidak kamu mengerti akan sikap mantan pacarmu yang memutuskan hubungan cintamu secara sepihak, terimalah ketidakmengertian itu. Kita tidak perlu berspekulasi hal-hal yang negatif padanya. Sikapilah masalah yang terjadi dengan tenang dan terus belajar untuk mengintropeksi diri dan memohon petunjuk kepada yang maha kuasa untuk menuntutmu di jalan yang terbaik.

Yakinlah kesakitan adalah pengalaman. Rasakan dan pelajari, karena hal itu adalah rahasia untuk menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya.


5. Kendalikan diri dan fokus pada masa depan

photo credit: The Huffington Post

Jangan karena sakit hati terhadap pacarmu, kamu juga kehilangan masa depan. Sakit dan patah hati adalah sebuah ujian, untuk membuktikan seberapa hebatnya kamu menghadapi hari-harimu. Ingatlah bahwa seorang nakhoda dikatakan hebat setelah ia berhasil menaklukkan badai besar bukan sekedar melewati laut tenang. Masa depan kan terus ada, perjuangkan masa depanmu. Tuhan sudah mempersiapkan pasangan yang terbaik buat kamu. Yang lalu biarlah berlalu, sesungguhnya yang terbaik sudah dipersiapkan Tuhan buat kamu. Jadi jangan putus asa untuk memperjuangkan hidupmu walau kamu sudah kehilangan pacar yang kamu kasihi.

Percayalah bahwa saat pacar menjauh darimu dan tidak mempedulikanmu, namun Sang Pencipta Cinta tidak akan meninggalkanmu berjuang seorang diri.

Kenangan masa lalu tetap ada, janganlah berlarut-larut fokus ke sana. Hidupmu bukan untuk kenangan masa lalu tapi untuk masa depan yang penuh dengan harapan dan impian.


Buat kamu yang sedang berusaha menata kembali masa depan setelah putus cinta, artikel-artikel berikut ini dapan menjadi inspirasimu :


9 Tipe Mantan Pacar: Salah Satunya Pasti Pernah Hadir Mewarnai Perjalanan Cintamu

Depresi hingga Nyaris Bunuh Diri, 8 Hal ini yang Menyadarkan Bahwa Hidup ini Terlalu Singkat untuk Diratapi, Terlalu Berharga untuk Disia-siakan

Yakin Mau Balikan Sama Mantan? Pertimbangkan 3 Hal Penting Ini Sebelum Membuat Keputusan


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Diputus Pacar tanpa Alasan, Inilah 5 Hal yang Dilakukan Teman Saya untuk Bangkit dan Menata Hidupnya Lagi". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


BACA JUGA

Yoel Prasetyo | @yoelprasetyo

Yoel Prasetyo adalah pembicara publik dan pemerhati perkembangan anak, dan juga sebagai pengajar di sebuah yayasan. Berasal dari Solo saat ini tinggal di Surabaya.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar