Dari Pacaran Menuju Pernikahan, Inilah 5 Tanda Kamu dan Pacar Sudah Siap Mengubah Status Relasi

Singleness & Dating

photo credit: Menlo

14.2K
Menikah sekali untuk selamanya, pikirkan baik-baik sebelum memasuki bahtera rumah tangga bersama yang terkasih

Beberapa hari ini saya sedang mementori sepasang kekasih yang merencanakan pernikahan mereka. Dalam perbincangan saya dengan mereka di sebuah kedai Pizza. Ada pertanyaan yang penting untuk kita renungkan sebelum kita memutuskan untuk menikahi pasangan kita.

"Apa yang menjadi tanda saya dan pasangan telah siap untuk menikah?”

Pertanyaan yang serupa juga muncul sebelum saya mengajak kekasih saya menikah beberapa waktu silam. Untuk itu, inilah 5 tanda yang ada pada dirimu dan pasangan yang telah siap menikah.


1. Saling mempercayai

Kepercayaan adalah satu hal yang sangat penting dalam kehidupamu dan pasangan sebelum kamu memutuskan untuk menikah. Sebab menikah adalah keputusan yang penting dalam hidup, sekali untuk selamanya. Kamu harus memastikan bahwa pasanganmu adalah pribadi yang dapat kamu percaya.

Prinsipnya sederhana, jangan menikah atau memilih orang yang tidak bisa kita percaya. Saat pasanganmu sudah dapat dipercaya berarti kamu pun harus dapat mempercayai pasanganmu.

Hal ini amat penting dalam sebuah hubungan , bila hal ini idak ada dalam hubunganmu, maka yang muncul tiap hari adalah prasangka buruk. Keberhasilan atau kegagalanmu hubunganmu, ditentukan oleh sejauh mana kalian dapat saling mempercayai.

Baca juga: Waspada! Inilah 6 Masalah Keuangan yang Dapat Menghancurkan Kebahagiaan Rumah Tangga


2. Mengasihi dalam segala hal

photo credit: favim

Dalam hidup berkeluaraga, tentunya banyak hal yang terkadang membuat kita, sebagai pasangan, merasa marah bahkan jengkel dengan orang yang kita kasihi. Semakin kita mengenal pasangan kita, semakin kita tahu kelebihan dan kekurangan pasangan kita. Nah, saat pasanganmu mengetahui kelebihanmu, saya yakin pasanganmu akan semakin menyanyangi serta mengasihimu.

Baca Juga : Yakin Sudah Siap Menikah? Inilah 5 Kenyataan yang Harus Kamu Ketahui sebelum Memasuki Gerbang Pernikahan

Bagaimana bila pasanganmu mengetahu kekurangan-kekuranganmu? Sanggupkah Ia menjadi pribadi yang mengasihi dan melengkapi kekuranganmu? Kamu pun harus siap mengasihi dan melengkapi kekurangan pasanganmu. Bila kalian saling melengkapi baik dalam kelebihan dan kekurangan, maka hubungan kalian semakin matang untuk memasuki bahtera rumah tangga.


3. Saling menyesuaikan diri

photo credit: Redbook

Sikap fleksibel artinya bukannya tidak mempunyai pendirian tapi bisa menyesuaikan diri. Bila pasanganmu dapat menyesuaikan diri dengan perubahan, maka pasanganmu telah siap dengan perubahan yang akan terjadi, saat kamu dan pasangan sudah berkeluarga.

Misalnya saja, perubahan tingkat kebutuhan. Saat masih single, kebutuhan tidak sebanyak saat sudah keluarga. Bahkan bukan tak mungkin akan ada banyak kebutuhan tak terduga, karenanya kamu dan pasangan harus saling menyesuaikan diri.


4.Berani mengakhiri masa lajang

Hidup berkeluarga tak semudah sewaktu masih seorang diri. Saat masih lajang kamu bisa pergi dan beli sesuatu yang kamu suka. Saat sudah berkeluarga kamu harus memikirkan dan mempertimbangkan apa yang diinginkan pasanganmu juga. Bila tidak, maka kamu masih belum berani mengakhiri hidup lajangmu. Namun, bila pasanganmu sudah mulai berani untuk mengakhiri masa lajangnya, sebaiknya kamu pun harus belajar hal yang sama agar kamu dan pasangan, siap untuk membina keluarga.

Baca Juga : Saya Ingin Menikah, tapi Tidak karena Alasan-Alasan yang Keliru Seperti ini


5. Siap berkeluarga

photo credit: Familien-Magazin

Menjadi pendamping hidup bukanlah hal mudah. Tantangan akan terus ada. Seseorang yang siap untuk menikah adalah mereka yang juga siap menjadi suami atau istri , siap menjadi ayah dan ibu. Berkeluarga tidak berarti keluargamu akan selalu berbahagia. Beranikan dirimu untuk mendampingi pasangan dalam segala keadaanmu. Kamu harus menjadi penolong bagi pasanganmu, begitu pula sebaliknya. Pasangan yang siap berkeluarga adalah mereka yang siap untuk membagi suka dan duka yang dialami. Keluarga dibentuk untuk saling berbagi hidup.


Itulah 5 ciri yang dimiliki oleh pasangan yang telah siap untuk menikah. Silakan merenungkan dan membicarakan masa depan kalian bersama, untuk masa depan yang kalian impikan. Temukan inspirasi lainnya di artikel berikut ini :


Selalu Kembali Rukun Setelah Ribut, Inilah 3 Hal Esensial yang Membuat Relasi Langgeng

Inilah Pembunuh Relationship Nomor Satu. Simak & Hindari, Niscaya Hubungan akan Harmonis Selamanya.

Bukan Seperti Pesta Halloween yang Semalam Saja Usai, Inilah 5 Realita Cinta dan Keabadiannya



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Dari Pacaran Menuju Pernikahan, Inilah 5 Tanda Kamu dan Pacar Sudah Siap Mengubah Status Relasi". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


BACA JUGA

Yoel Prasetyo | @yoelprasetyo

Yoel Prasetyo adalah pembicara publik dan pemerhati perkembangan anak, dan juga sebagai pengajar di sebuah yayasan. Berasal dari Solo saat ini tinggal di Surabaya.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar