Dari 10 Tipe Kepribadian Berdasarkan Cara Membaca Media Online Ini, yang Manakah Dirimu?

Reflections & Inspirations

[Photo credit: Jacob Utkes]

2.8K
Di antara 10 tipe di bawah ini, Anda termasuk yang mana?

Saat ini, jika ada 6 orang di rumah—pasutri dengan dua anak plus PRT dan sopir—paling sedikit ada 6 gadget, baik hape, laptop, maupun tablet.

Dari cara Anda membaca media online, kepribadian Anda bisa terlihat. Coba cek, Anda termasuk yang mana, ya?



1. Memilih judul yang menarik saja

[Photo credit: Recovery Brands]

Di tengah belantara informasi, Anda hanya meng-click yang eye catching. Lainnya Anda lewatkan begitu saja. Anda adalah tipe pembosan. Cirinya, Anda akan segera mengeklik yang lain jika isinya tidak sesuai harapan Anda.



2. Memilih yang sesuai selera Anda

Mirip yang di atas. Bedanya, kali ini Anda mengeklik yang genrenya cocok dengan Anda. Tidak peduli menarik atau tidak. Artinya, Anda adalah orang yang fokus. Anda hanya mau membaca yang dapat memenuhi selera Anda. Anda tidak mau terganggu dengan content yang tidak perlu.



3. Membaca sampai tuntas

[Photo credit: Sara Kielsing]

Meskipun tidak selalu, begitu Anda mengeklik satu tautan tertentu, Anda cenderung untuk menghabiskannya, kecuali jika tulisannya terlalu panjang dan membosankan. Anda adalah orang yang serius menggali ilmu. Anda bisa menjadi seorang peneliti yang tangguh.



4. Membaca tanpa memberi komentar

[Photo credit: Marlena Pearl Photography]

Anda tipe silent reader. Bagi Anda, yang penting Anda sudah mendapatkan apa yang ingin Anda ketahui. Untuk apa repot-repot menulis komentar segala.

Anda tipe orang yang suka mendengarkan orang lain dan menyerap aspirasi mereka tanpa mau memberikan tanggapan. Anda seorang pengamat yang baik tetapi bukan komentator yang aktif.

Dengan demikian, Anda mendapatkan banyak sekali manfaat dari medsos tanpa menyumbangkan sesuatu.



5. Membaca komentarnya saja

Meskipun tulisannya menarik, namun Anda lebih suka membaca komentar di bawah tulisan itu. Jika tidak ada yang memberi komentar, biasanya Anda pindah mengeklik yang lain. Anda tipe orang yang mempunyai keingitahuan yang besar, khususnya tentang apa reaksi orang terhadap tulisan tertentu.



6. Anda senang memberi komentar

Tulisan apa saja yang Anda baca, Anda senantiasa tergelitik untuk memberikan komentar. Anda adalah tipe orang yang narsis. Artinya, ingin selalu tampil. Tidak peduli apakah komentar Anda mencerahkan atau tidak. Yang penting Anda ‘maha hadir’.

Baca Juga: 9 Tipe Mama-Mama Muda di Media Sosial



7. Memberi komentar positif

Berita apa pun yang Anda baca, Anda cenderung memberi ulasan yang positif. Kalaupun ada berita yang negatif, Anda mencoba mencari celah agar komentar Anda bisa jadi pelajaran.

[Photo credit:cosmopolitan.nl]

Anda tipe orang yang bijak.



8. Memberi komentar negatif

Berita yang baik pun bisa Anda komentari secara negatif. Jika ini kebiasaan Anda, maka Anda adalah provokator. Minimal orang yang suka melemahkan semangat orang lain.

[Photo credit: rawpixel]

Konsekuensinya, Anda pun akan di-bully warganet lainnya, bahkan bisa dilaporkan jika komentar Anda bermuatan SARA.



9. Trouble maker

Mirip dengan nomor 8, Anda senang menghabiskan banyak waktu untuk selancar di dunia maya, tetapi sadar atau tidak sadar, senantiasa mencari musuh. Setiap ada kejadian apa pun, jika bisa, Anda ingin menjadi orang pertama yang mengkritisinya. Orang seperti Anda adalah tipe provokator.

Dunia maya jadi dunia mayit tanpa Anda. Sunyi. Sepi. Senyap. Begitu Anda ‘masuk’ riuhlah.

Perang komentar terjadi. Korban berjatuhan, termasuk Anda.

Kok bisa? Jika Anda jadi emosi, Anda merugikan jiwa raga Anda sendiri. Pertemanan rusak.

Baca Juga: Mengapa Orang Menyebarkan Hoaks di Media Sosial? Mengejutkan, Inilah 3 Alasannya



10. Peace maker

Kehadiran orang macam ini membuat medsos maupun grup WhatsApp jadi adem. Jika ada komentar negatif, tipe semacam ini berusaha menjadi ‘pemadam kebakaran’. Komentarnya senantiasa sejuk.

[Photo credit: Bence Boros]

Mirip nomor 7, Anda justru mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah. Anda betul-betul tipe pembawa damai. Jika konflik susah diselesaikan, Anda biasanya mem-posting hal-hal netral yang menyejukkan. Misalnya saja mem-posting kalimat bijak dari orang-orang bijak tanpa tendensi menyerang masing-masing pihak yang sedang bertikai. Kadang Anda mem-posting humor agar ketegangan teruai. Bisa juga lagu-lagu yang mendinginkan suasana. Pendeknya, komentar Anda selalu membawa rasa tenang.


Nah, di antara 10 tipe di atas, Anda termasuk yang mana? Jika sudah baik, teruskan. Jika tidak, saatnya untuk berubah.

Komentar yang negatif, apalagi memojokkan, bisa menjadi bumerang yang melukai diri kita sendiri. Mari bijak bermedia sosial!



Baca Juga:

Aib Kok Dipamerin? Sebelum Posting di Media Sosial, Pikirkan Ini!

Kaesang Pangarep pun Dilaporkan. Hidup Damai Ternyata Sesederhana Ini!

Mengapa Kita Tidak Perlu Ikut Menyebarkan Foto-Foto Vulgar Korban Kekerasan melalui Media Sosial? Ini 3 Alasannya




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Dari 10 Tipe Kepribadian Berdasarkan Cara Membaca Media Online Ini, yang Manakah Dirimu?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


XavierQuentin Pranata | @xavierquentinpranata

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar

Crystal Monica | @alibabaalibabi

nice info, thanks for update harga emas hari ini