Cinta Pertama: Jadi Kenangan atau Sebaiknya Diulang?

Love & Friendship

photo credit: Roger Ebert

1K
Banyak orang bilang cinta pertama adalah cinta yang tak pernah usai. Kenangannya akan mengakar begitu dalam bahkan hingga di luar alam sadar kita.

‘Beduuu..’

Teriak salah seorang teman sambil melambaikan tangan kepada seorang pengendara sepeda motor yang melintas. Siang itu saya dan beberapa teman berencana untuk makan di luar kampus, karena jarak yang tidak jauh maka kami memutuskan untuk berjalan kaki.

Seketika keheningan menyeruak, kami tahu persis siapa ‘Bedu’ yang dimaksud oleh teman kami itu. Bedu (bukan nama sebenarnya) adalah mantan kekasih teman kami yang kemudian setelah kuliahnya selesai, kembali ke tanah asalnya, di luar pulau Jawa. Kira-kira ‘Bedu’ telah diwisuda sekitar setahun yang lalu dan ini adalah bulan kedelapan dia tidak berada di tanah Jawa.

Setelah menyadari bahwa pengendara sepeda motor itu bukan ‘Bedu’ yang dimaksudkan, karena sepintas motor dan gaya memakai jaketnya sama dengan ‘Bedu’ yang asli. Air mata seketika jatuh membasahi kedua pipi dan kenangan masa lalu itu kembali menyeruak yang diiringi dengan senggukan.


Mengapa baper?

photo credit: WomenNow

Bedu bukanlah pacar pertama teman kami, sebagai wanita yang aktif dalam pelbagai organisasi kampus dan dengan latar belakang ekonomi yang mentereng, saya tahu beberapa lelaki pernah singgah ke hati teman kami ini. Bedu bukanlah mantan yang paling rupawan, juga bukanlah mantan yang paling jutawan, bahkan kemana-mana ia hanya mengendarai sebuah motor yang bukan keluaran terbaru.

Kemudian baru terkuak mengapa teman kami begitu baper dengan Bedu ini.

“Dia memang bukan cowok idamanku, tetapi dia yang aku butuhkan. Dia bisa menerima kekuranganku dan dia bisa memahamiku, nggak seperti banyak temen yang melihatku dari kelebihan latar belakangku. Dari Bedu, aku tahu apa arti kasih yang sebetulnya dan aku merasa benar-benar dikasihi olehnya”


Cinta yang tak pernah usai

photo credit: Roger Ebert

Banyak orang bilang cinta pertama adalah cinta yang tak pernah usai. Kenangannya akan mengakar begitu dalam bahkan hingga di luar alam sadar kita. Entah beberapa kali terjadi seorang kekasih memanggil nama pacarnya dengan nama mantannya.

Yang lebih parah bahkan ada yang salah mengucapkan nama mantannya pada waktu mengikrarkan janji pernikahan. Cinta yang tak pernah usai, akan selalu terbawa ke dalam tahap kehidupan berikutnya. Secara sadar atau tidak, kenangan itu akan selalu membayangi kita, meskipun kita sudah mempunyai kekasih yang baru.


Hanya waktu yang mampu menyelesaikan


Dengan seiring berjalannya waktu, teman kami ini akhirnya mempunyai seorang kekasih. Kami seketika bersukacita karena menyangka ke-baperannya dengan Benu sudah usai. Namun betapa kagetnya ketika kekasih baru itu dikenalkan kepada kami. Secara fisik, kekasih barunya ini mirip dengan Benu.

Masa pacaran mereka tidak lama, terhitung hanya beberapa bulan saja. Dia sadar, kekasihnya ini bukanlah sesosok Benu yang kembali ia harapkan hadir di dalam kehidupannya. Setelah lulus dan wisuda, beberapa tahun kemudian kami mendapatkan sebuah undangan pernikahan darinya. Kembali kami khawatir dia akan menikah dengan alasan yang salah, kami khawatir dia belum bisa menyelesaikan hasrat terhadap cinta pertamanya itu.

Namun tidak, dia mengatakan bahwa cinta pertamanya telah usai, dan dia telah menemukan lelaki yang baik dan serius berelasi dengannya ke depan.

Cinta pertama memang butuh waktu untuk diselesaikan. Perlu mengenali diri sendiri akan perkembangan kebutuhan yang ada, agar cinta pertama itu tidak akan mengganggu perjalan cinta kita berikutnya kedepan.

Baca juga: Cinta Tak Berarti Cocok. Ini Saran Pakar Psikologi tentang Memilih Pasangan Hidup!

Buat kamu yang lagi baper dengan cinta pertamamu yang tak pernah usai itu, selesaikanlah hal itu, sebab di depan masih ada cinta baru yang siap menunggumu.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Cinta Pertama: Jadi Kenangan atau Sebaiknya Diulang?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nicho Krisna | @nichokrisna

Auditor | Banker | Blogger

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar

Alibaba Alibabi | @alibabaalibabi

Mobil Sport