Cinta Harus Memiliki. Jangan Buang Waktu untuk Mencintai yang Tak Dapat Kamu Miliki!

Singleness & Dating

(Image: flickr.com)

3K
Cinta tidak bisa dipaksakan. Sebesar apapun kamu mencintai seseorang, jika orang tersebut tidak mencintaimu maka tidak ada yang bisa kamu lakukan selain berlapang dada. Rela atau tidak rela, demikianlah realitanya.

Saat mencintai, besar keinginan alami yang timbul untuk memiliki. Hal tersebut lumrah sekali.

Tapi, apa yang akan kamu lakukan jika ternyata kamu tak bisa memilikinya?

Apakah kamu akan tetap mencintainya walaupun tanpa memilikinya?


Alasan tidak bisa menjadikan seseorang yang inginkan untuk dimiliki pun beragam, mulai dari alasan internal hingga eksternal; si dia yang memang tidak memiliki perasaan yang sama denganmu sampai si dia sudah lebih dulu menjadi milik orang lain. Yang penting adalah reaksi dan tindakan apa yang kamu ambil saat ternyata cintamu tersebut bertepuk sebelah tangan.

Sebagian orang memilih untuk tetap mencintai, Bahkan sampai muncul sebuah kutipan, "Mencintai tidak harus memiliki." Kutipan tersebut sungguh keliru, sebenarnya saat kamu bisa dengan bijaksana merelakannya, kamu akan mempunyai kesempatan besar untuk menemukan kebahagiaan dengan orang lain. Cinta tidak bisa dipaksakan. Sebesar apapun kamu mencintai seseorang, jika orang tersebut tidak mencintaimu maka tidak ada yang bisa kamu lakukan selain berlapang dada.

Berikut ini adalah beberapa alasan sesungguhnya yang harus kamu perhatikan mengapa mencintai itu harus memiliki :


Perasaan cinta akan berkembang

photo credit: vanphongthamtu.i

Mencintai dengan saling memiliki akan membuat perasaan cinta semakin berkembang. Semakin hari kamu akan semakin mencintainya karena dia juga memperlakukanmu seperti kamu memperlakukannya. Ibarat bunga, kamu dirawat dan disiram setiap harinya maka kamu akan bertumbuh semakin indah -sama halnya dengan cinta. Sedangkan bila kamu tidak memilikinya, maka cintamu lama kelamaan akan menjadi kering karena tak pernah mendapat perawatan, kering kemudian mati - dan bunga yang mati tidak akan memberikan faedah apapun terhadap sekitarnya selain mengganggu pemandangan.


Baca juga : Mencintai Dia yang Tak Dapat Mencintaimu Bukanlah Hal yang Memalukan. 4 Hal ini akan Menegaskan Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Bukan Akhir Dunia.


Kamu tidak membuang waktu dengan mencintai secara sepihak

photo credit: anonymous-sharon

Cinta sepihak sungguh sangat melelahkan, kamu akan terikat dengan satu orang yang bahkan tidak memiliki hubungan apapun denganmu. Hal tersebut membuatmu mengalami kerugian berlipat, sedih karena cintamu tak terbalas dan waktumu yang tersita untuk terus memikirkan dia yang belum tentu memikirkanmu. Saat jatuh cinta, seseorang memiliki kecenderungan untuk memikirkan orang yang dicintainya secara terus-menerus sedangkan cinta yang sudah jelas tak berbalas ibarat tepuk tangan dengan satu tangan saja. Kamu akan membuang waktumu yang sebenarnya bisa kau gunakan untuk mencari dan menerima cinta yang lain.


Baca juga : Ada Kalanya Mencintai Berarti Merelakan yang Tercinta Hidup bersama Orang Lain.


Mencintai tapi tidak memiliki sama saja kamu kehilangan kesempatan bertemu dengan orang yang tepat

Ketika kamu menanti pembalasan cintamu yang sudah jelas tidak akan datang, disaat yang sama kamu sedang menyia-nyiakan kesempatan untuk bertemu dengan orang yang tepat. Jika saja kamu bisa berbesar hati dan merelakan orang tersebut, pastilah kamu sudah bahagia bersama orang lain. Faktanya, belum tentu orang yang kamu cintai adalah orang yang terbaik untukmu. Hendaknya jangan mengikat hatimu terlalu kuat untuk orang tersebut.

Alangkah lebih baik untuk menelaah dulu perasaan cintamu itu, jangan-jangan kamu bukan benar-benar mencintainya, melainkan hanya cinta buta atau bahkan obsesi belaka.

Baca juga : Hati-hati, 7 Slogan Cinta Populer ini Ternyata Keliru dan Malah menjauhkanmu dari Cinta Sejati.

Status relasimu menjadi jelas

Ketika sudah jelas cintamu tak berbalas, itu tandanya dia hanya menganggapmu sebagai seorang teman dan tidak lebih. Bila dia memiliki sedikit saja perasaan lebih untukmu, dia tidak akan menolak ajakan berpacaran darimu. Selain itu, dia secara otomatis akan memperlakukanmu sama seperti teman yang lain, tidak ada yang spesial. Oleh karena itu, kamu juga harus memiliki pikiran yang sama dengannya, belajarlah untuk menerima status pertemanan yang sudah jelas dilontarkan oleh dia maka kamu akan tetap bisa menjaga hubungan baik dengannya sebagai teman dan kamu tidak perlu tersakiti bila dia berdekatan dengan orang lain.

Perasaan cinta yang muncul dalam hati itu tidak bisa dicegah, denga siapa atau dalam kondisi bagaimana. Perlu diingat bahwa mencintai dengan memiliki akan berdampak lebih baik untuk dirimu maupun orang-orang sekitarmu.


Cinta adalah perasaan yang positif, jadi dampak yang muncul dari mencintai juga pasti akan positif. Bila kamu sampai melakukan hal negatif dengan alasan mencintai, maka itu bukanlah cinta.



Baca Juga :

Buat Kamu yang Percaya Jodoh di Tangan Tuhan, 5 Panduan ini Akan Menuntunmu ke Orang yang Tepat

Wanita, Jangan Lakukan 3 Kesalahan Fatal dalam Berkomunikasi ini Jika Tidak Ingin Hubunganmu dengan Pasangan Rusak!

Ketika Cinta Tak Sempurna, Lalu Bagaimana Menjalaninya tanpa Lara?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Cinta Harus Memiliki. Jangan Buang Waktu untuk Mencintai yang Tak Dapat Kamu Miliki!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Stella azasya | @stellaazasya

Mencintai matahari terbit sebagai alasannya bangun besok hari

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar