Cinta adalah Pilihan. Pilihan untuk Mencintai Membuat Hidup Ini Indah, Apa pun yang Terjadi!

Reflections & Inspirations

photo credit : pexels

4.2K
Mencintai berarti telah memutuskan untuk mencintai. Keputusan yang akan membentuk hari-hari kita di masa depan, tak peduli apa pun yang akan terjadi.

Seorang lelaki berumur 92 tahun yang mempunyai selera tinggi, percaya diri, dan bangga akan dirinya sendiri, yang selalu berpakaian rapi setiap hari sejak jam 8 pagi, dengan rambutnya yang teratur rapi meskipun dia buta, masuk ke panti jompo hari ini. Istrinya yang berumur 70 tahun baru-baru ini meninggal dunia, sehingga dia harus masuk ke panti jompo.

Setelah menunggu dengan sabar selama beberapa jam di lobi, dia tersenyum manis ketika diberi tahu bahwa kamarnya telah siap. Ketika dia berjalan mengikuti penunjuk jalan ke elevator, aku menggambarkan keadaan kamarnya yang kecil, termasuk gorden yang ada di jendela kamarnya.

photo credit : pexels

"Saya menyukainya!" katanya dengan antusias seperti seorang anak kecil berumur 8 tahun yang baru saja mendapatkan seekor anjing.

"Pak, Bapak belum melihat kamarnya. Tahan dulu perkataan tersebut."

"Hal itu tidak ada hubungannya," jawabnya.

"Kebahagiaan adalah sesuatu yang kau putuskan di awal. Apakah aku akan menyukai kamarku atau tidak, tidak tergantung dari bagaimana perabotannya diatur, tapi bagaimana aku mengatur pikiranku."


"Aku sudah memutuskan untuk menyukainya. Itu adalah keputusan yang aku buat. Setiap pagi ketika aku bangun tidur, aku punya sebuah pilihan; aku bisa menghabiskan waktu di tempat tidur menceritakan kesulitan-kesulitan yang terjadi padaku karena adanya bagian tubuhku yang tidak bisa berfungsi lagi, atau turun dari tempat tidur dan berterima kasih atas bagian-bagian lain yang masih berfungsi."

"Setiap hari adalah hadiah, dan selama mata hatiku terbuka, aku akan memusatkan perhatian pada hari yang baru dan semua kenangan indah yang pernah aku alami dan kusimpan. Hanya untuk kali ini dalam hidupku. Umur yang sudah tua adalah seperti simpanan di bank. Kita akan mengambil dari apa yang telah kita simpan.

Jadi, nasehatku padamu adalah untuk menyimpan sebanyak-banyaknya kebahagian di bank kenangan kita.

Terima kasih padamu yang telah mengisi bank kenanganku. Aku sedang menyimpannya."


Ingat-ingatlah lima aturan sederhana untuk menjadi bahagia:

1. Bebaskan hatimu dari rasa benci dan dendam.

2. Bebaskan pikiranmu dari segala kekhawatiran.

3. Hiduplah dengan sederhana.

4. Berikan lebih banyak.

5. Jangan terlalu banyak mengharap, serahkan pada Tuhan.


Jika bagi opa itu kebahagiaan adalah pilihan, cinta pun adalah suatu pilihan.

Saya pernah membaca sebuah kisah yang bukan saja indah, tetapi mengandung pelajaran yang luar biasa. Seorang pemuda mempunyai sahabat pena seorang gadis yang tinggal di luar kota. Waktu itu belum ada handphone dan internet. Akhirnya mereka jatuh cinta. Suatu hari, pemuda itu memutuskan untuk melamar gadis itu.

photo credit : pexels

Namun, adiknya memperingatkannya, “Kak, kakak belum melihatnya, bagaimana jika dia cacat?”

“Kalaupun dia cacat, aku tetap akan melamarnya. Aku tetap akan menikahinya,” jawab kakaknya tegas.

Akhirnya, waktu yang ditunggu tiba. Kakaknya terbang untuk menemui gadis pujaannya yang ternyata memang menderita polio. Begitu mengetahui bahwa gadis itu cacat, dia tidak undur. Dia tetap melamar gadis itu menjadi isterinya.

Saat orang-orang mempertanyakan keputusannya, dia hanya menjawab singkat, “Love is a choice. I choose to marry her!”


(Xavier Quentin Pranata, Life is Colorful, BPK Gunung Mulia)


Tulisan-tulisan ini akan memberikan inspirasi tentang mencintai :

Mencintai Dia yang Tak Mencintaimu Bukanlah Hal yang Memalukan. 4 Hal ini Akan Menegaskan, Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Bukanlah Akhir Dunia

Seni Tetap Mencintai Pasangan yang Dulu Kurus, Kini Gendut

Jangan Terlalu Cepat Mengatakan Benci, karena Cinta Bersemi Ketika Kita Membuka Diri

Kini: Satu-satunya Waktu untuk Mencintai. Esok Mungkin Tak Pernah Ada, Cinta Bisa Pergi Kapan Saja


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Cinta adalah Pilihan. Pilihan untuk Mencintai Membuat Hidup Ini Indah, Apa pun yang Terjadi!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


XavierQuentin Pranata | @xavierquentinpranata

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar