Buat Kamu yang Sering Bertengkar dengan Pasangan, 10 Cara ini Bisa Membuat Harmonis Hubungan Cintamu

Love & Friendship

419.1K
Banyak orang berpikir untuk bisa harmonis, kita perlu melakukan hal-hal besar, padahal kuncinya terletak di hal-hal kecil.

Mendapatkan pasangan adalah satu hal, namun mempertahankan hubungan adalah PR yang berbeda. Mari kita bahas hal-hal yang bisa membantu kamu mempertahankan keharmonisan hubungan kalian:

1. Sebutkan Nilai-Nilai Hidup Anda di Awal dengan Jelas

Dari awal, atur ekspektasi pasangan kepada kamu dengan memberitahu nilai-nilai hidup kamu yang penting untuk dia ketahui. Apa saja nilai hidup yang penting bagi kamu? Misal, kejujuran adalah nilai utama untuk kamu, kamu tidak akan bisa menolerir sedikit saja kebohongan. Dengan begitu, pasangan kamu akan berusaha untuk bersikap terbuka. Beritahu juga apa yang membuat kamu merasa dicintai, karena tiap orang punya bahasa cinta yang berbeda. Bahasa cintamu mungkin saja berupa kata-kata cinta dan waktu luang pasangan, tapi jika bahasa cintanya dalam bentuk hadiah kecil, kalian tidak akan bisa berkomunikasi dengan baik karena bahasa cinta yang berbeda. Mengerti ini dari awal untuk meminimalisir argumentasi.

Baca juga: 4 Prinsip yang Membuat Relasi Cinta Makin Kokoh

2. Tunjukkan Cinta

Dalam sebuah hubungan, sangat penting untuk bisa menunjukkan cinta dengan melakukan hal-hal sederhana. Mulai dari senyum lebar saat ngobrol berdua, mengirimkan pesan pendek "I love you" di saat tak terduga, memasak makanan favoritnya hingga puisi-puisi yang dikirim via email. Pastikan hal ini selalu berubah intensitas dan jenisnya setiap hari sehingga selalu ada yang ia rindukan.

Baca juga: 3 Cara Suami Mengatakan I Love You yang Sering Tak Terdengar oleh Istri

[source: flickr]

3. Pertahankan Pikiran Positif

Saat sedang emosi, usahakan untuk melihat sisi positif dari pola pikir pasangan kamu. Mungkin saja ia terlambat pulang memang benar-benar untuk bekerja, bukan yang lain. Tempatkan diri kamu di posisi pasangan. Jika sedang sibuk dan menghadapi pekerjaan yang menumpuk, apakah kamu akan nyaman jika 'diteror' dengan kecemburuan?

Baca juga: Mencintai Memberikan Kekuatan, Inilah 7 Gambar tentang Kekuatan Cinta

4. Ekspresikan Perasaan Kamu tanpa Menghakimi

Gunakan kata 'aku' pada saat mengekspresikan perasaan pada pasangan. Dia mungkin saja senang keluar bersama teman-temannya di kala weekend. Daripada menggunakan kalimat, "Kamu NGGAK PERNAH punya waktu untuk aku!" Lebih baik ucapkan, "Aku kangen banget sama kamu karena sudah 4 minggu kita nggak kencan. Minggu ini kita jalan-jalan, yuk!"

Usahakan untuk mendebat pasangan dengan tujuan untuk saling belajar dan berkembang bersama dalam relationship, bukan untuk saling menyakiti.

Baca juga: Mengapa Relasi Tak Bertahan Lama? Temukan 4 Penjelasannya di Artikel Ini

5. Hormati Dia

Saat sedang marah, jangan sekali-sekali menaikkan suaramu, menuduhnya macam-macam, atau bertengkar di depan umum. Selalu cari tempat yang privat untuk bicara dan gunakan kata-kata yang netral, tanpa caci maki. Karena sekali umpatan sudah keluar, percakapan tidak akan bisa objektif lagi.

6. Dengarkan Sepenuhnya

Dengarkan pasangan kamu dengan sepenuh hati. Gunakan gestur positif untuk mendukung sikap kamu. Mulai dari menatap matanya dengan serius dan ramah, mengangguk saat ia mengucapkan poin-poin yang ingin dimengerti, hingga mengucapkan kata-kata manis seperti, "Aku paham, sayang."

Jangan memotong bicaranya, jangan membela diri, dan jangan mendengarkan dengan tujuan untuk menjawab kembali kata-katanya. Dengarkan hanya dengan tujuan untuk menampung uneg-uneg pasangan. Kadang-kadang yang diperlukan pasangan adalah pendengar yang setia dan mengerti dirinya.

7. Hilangkan Asumsi, Perjelas Perkara Sesungguhnya

Asumsi adalah hal yang paling berbahaya dalam hubungan. Selalu tanyakan dengan jelas, apa maksud dari perkataan dan tindakannya. Jangan mereka-reka dan hidup di dunia kamu sendiri. Percayalah, maksud dia bisa jadi sangat berbeda dengan pikiran kamu.

8. Beri Waktu

Tidak perlu memaksa dan mengejar harus segera berbaikan, karena setiap orang punya tempo yang berbeda dalam mencerna masalah. Beri waktu tenang untuk kalian berdua merenungkan masalah yang dihadapi. Masing-masing bisa pergi sejenak 'menenangkan diri' dan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan menenangkan diri.

[source: flickr]

9. Banyak Bercanda

Humor adalah salah satu pemecah argumen yang efektif. Dengan takaran yang tepat, celetukan kamu saat sedang bertengkar akan bisa membuatnya tersenyum dan hari kamu bisa kembali ceria. Contohnya? Kamu bisa bilang gini, "Kamu kalo marah jadi makin cakep deh."

10. Beri Pelukan

Pelukan yang hangat selama 30 detik saja sudah bisa menjadi penyembuh untuk semua masalah kalian. Saat detak hati beradu, tidak ada masalah yang cukup genting di dunia ini yang bisa memisahkan kalian.

Semoga pertengkaran kamu bisa berakhir dengan hangat dan cinta yang tumbuh lebih besar dari sebelumnya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Buat Kamu yang Sering Bertengkar dengan Pasangan, 10 Cara ini Bisa Membuat Harmonis Hubungan Cintamu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ollie | @salsabeela

I'm a writer & Chief Content Officer of Zetta Media Network

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar