Bermata Sembap namun Tak Hilang Harap. Ini yang Dilakukan Veronica Tan saat Ahok Dipenjara

Marriage

[Image: wanita indonesia]

51.4K
Orang percaya memang tidak seharusnya berduka berkepanjangan seperti yang dilakukan orang-orang yang tidak percaya.

Begitu Ahok diberitakan masuk tahanan, saya langsung teringat dengan Veronica Tan, sang istri tercinta. Saya pernah menulis tentang istri Ahok ini di RibutRukun, sebuah artikel dengan judul 'Belajar dari Istri Ahok, Veronica Tan: 4 Peran Tak Tergantikan Istri yang Membentuk Kesuksesan Suami'.

Tanpa terasa mata saya ikut membasah.

Sebagai pria - yang katanya tabu menangis - saya termasuk tipe yang mudah hanyut oleh kesedihan orang lain. Saat sahabat saya, sepasang suami-istri, meninggal akibat musibah pesawat jatuh ke laut, saya menangis. Saat anak teman saya meninggal di usia muda, saya menangis. Itu sebabnya saya pernah menulis 'Rahasia di Balik Tangisan Ahok: 5 Alasan Mengapa Seorang Pria Menangis', juga di RibutRukun.

Kini saat sang suami ditahan di rumah tahanan, mata Veronica Tan sembap. Setelah air mata mengering, saya percaya inilah yang Veronica Tan [dan para istri lain yang suaminya dipenjara atau mengalami musibah] lakukan.



1. Menangis

Adalah wajar jika istri sedih saat suaminya dipenjara, apalagi oleh hal yang dia yakini tidak dilakukan sang suami. Siapa yang tidak sedih saat belahan jiwanya harus berpisah secara raga?

Di belahan bumi lain - tepatnya di India - ada peristiwa yang kontradiktif. Apa yang dilakukan Maanyata Dutt justru membuat sang suami yang baru keluar dari penjara, Sanjay Dutt, harus masuk penjara lagi. Sang istri selfie dengan latar belakang lampu hias yang berdiri dengan tiang yang terbuat dari senjata dan mengunggahnya di media sosial, padahal suaminya masuk penjara 5 tahun gara-gara memiliki senjata api ilegal.

Tangisan Veronica Tan seakan berkata, “Aku akan terus mendukungmu di mana pun engkau berada!” Istri Ahok ini benar-benar mewujudnyatakan apa yang pernah diucapkan pasangan suami-istri saat janji nikah. Tetap setia mendampingi pasangan saat suka maupun duka.

Veronica bukan hanya siap saat Ahok sakit, tetapi tetap setia saat Ahok penjadi pesakitan.
[Image: kumparan]

“Sakitmu, laraku juga,” bisa jadi inilah rintihan jiwanya.



2. Membesuk

Segera setelah Ahok masuk penjara, Veronica Tan berkunjung bersama putra tertua mereka, Nicholas Sean. Jika Veronica datang dengan mata sembap, Nicholas lebih santai. Bahkan ada sesungging senyuman di bibirnya. Apa dia tidak sedih? Saya percaya, pasti sedih. Namun, di balik kesedihannya ada kebanggaan yang luar biasa. Papanya dipenjarakan bukan karena korupsi.

[Image: tribunnews.com]

Kehadiran seorang istri, saya percaya, merupakan dukungan yang total. Jika ada istri lain yang malu membesuk suami karena suaminya masuk penjara karena melakukan kejahatan, Veronica Tan datang dengan rasa sayang dan bangga. Suaminya masuk penjara saat masih berjuang untuk bangsanya. Meskipun kalah dalam pilkada DKI, Ahok bertekad menyelesaikan sisa tugasnya bersama Djarot.

Baca Juga: Dari Djarot Saiful Hidayat, Belajar Menjadi Sahabat Sejati



3. Tetap Optimis

Ahok, Sang Nemo, justru tampak tenang saat dibesuk sang istri. Aura optimisme inilah yang ingin Ahok tularkan kepada istri, anak, dan orang-orang yang membesuknya. Kita tidak tahu banyak apa yang Abok katakan kepada keluarganya. Namun, saya percaya, Sang Nemo ini memberikan suntikan semangat kepada orang-orang yang hatinya tersayat.

Orang percaya memang tidak seharusnya berduka berkepanjangan seperti yang dilakukan orang-orang yang tidak percaya. Kesedihan yang berkepanjangan justru membuat luka semakin menganga.

Untuk mempercepat proses kesembuhannya, kita harus bangkit kembali.

Baca Juga: Bunga Bagi Ahok: Bukan Lagi Soal Pilkada, tapi Ini!



4. Tetap Bekerja

Sebagai ibu rumah tangga, saya tidak tahu apakah Veronica Tan punya pekerjaan tetap lainnya. Namun, bagi saya, mengatur rumah tangga adalah pekerjaan yang utama. Kebanggaan seorang istri adalah saat bisa mengelola keluarganya dengan baik. Saat sang kepala rumah tangga tidak hadir di rumah, istri yang sekarang memikul tanggung jawab itu. Veronica Tan pasti sanggup!

Bukan kebetulan jika tidak lama setelah Veronica Tan membesuk Ahok, saya menjadi host acara talkshow dengan judul “How to Be a Supermom?” Saya mewawancarai seorang ibu muda yang ditinggalkan suami untuk selama-lamanya dengan 4 orang anak yang masih kecil untuk diasah, diasih, dan diasuh. Anak keempatnya bahkan masih di dalam kandungan ketika suaminya meninggal dunia.

[Image: id.theasianparent.com]

Saya yakin Veronica Tan juga seorang supermom. Selama ini dia sudah membuktikan diri. Bukan saja sebagai pendamping suami yang setia, tetapi juga ibu rumah tangga yang bisa diandalkan.



5. Bersukacita dan Bergembira

Saya setuju dengan apa yang Ari Wibowo nasihatkan kepada Veronica Tan. Bersukacita dan bergembira!

Bukan bersukacita karena suami masuk penjara,
tetapi bersukacita karena harapan selalu ada.

Kutipan Ari Wibowo ini mengingatkan saya akan ucapan Yusuf yang dipenjarakan bukan karena kesalahan, tetapi persekongkolan jahat saudaranya sendiri. Ketika sudah diangkat menjadi orang nomor 2 di Mesir, saudara-saudaranya datang untuk meminta pertolongan. Mereka begitu takut ketika melihat sang penguasa Mesir itu ternyata justru orang yang pernah mereka aniaya. Namun, kata-kata Yusuf begitu menyejukkan,

“Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.”
[Image: cnnindonesia.com]

Saat berada di jaring nelayan, Nemo justru memompa semangat teman-temannya sesama ikan untuk berenang melawan tarikan jala untuk memperoleh kebebasan.

Saya percaya, bisikan ‘Sang Nemo’ kepada istri dan anaknya serta para pendukungnya merupakan dorongan semangat juang yang tak pernah lekang, walau di balik kekang.



Baca Juga:

Ahok Memang Luar Biasa tapi Ia Hanya Manusia. Menyikapi Kekalahan Ahok di Pilkada DKI, Ingatlah 2 Hal Ini

Saya Cina. Walau Tak Selalu Mudah, Saya Memilih Tetap Mencintai Indonesia. Ini Kisah Saya

Ada yang Jauh Lebih Penting Ketimbang Vonis 2 Tahun untuk Ahok: Ini!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bermata Sembap namun Tak Hilang Harap. Ini yang Dilakukan Veronica Tan saat Ahok Dipenjara". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


BACA JUGA

XavierQuentin Pranata | @xavierquentinpranata

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar