Belajar Mengembangkan Diri Lewat 'Jendela Johari', Pahami 4 Hal Ini

Reflections & Inspirations

tradesmartu

2.1K
“Mengenali diri sendiri dan Anda akan memenangkan semua pertempuran “ - Sun Tzu.

Banyak hal dalam hidup ini yang dapat kita pelajari. Namun, hal tersulit untuk kita pelajari ternyata adalah diri kita sendiri. Kita banyak mengetahui kelebihan dan kekurangan orang lain, tetapi justru terkadang kita tidak bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan kita sendiri.

Banyak orang sulit untuk mengembangkan dirinya, karena dia gagal mengenali dirinya sendiri. Akibat gagal paham terhadap diri sendiri, banyak orang yang merasa minder, rendah diri dan pesimis terhadap keadaannya sendiri.

Sekarang mari kita belajar mengenali diri kita dan mengembangkan pengetahuan serta wawasan kita tentang seluk beluk diri sendiri.

Memelajari diri kita adalah suatu hal yang menyenangkan karena kita akan belajar bagaimana mengenali diri, bagaimana mengusai diri dan bagaimana mengembangkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Perasaan senang itulah yang saya rasakan saat saya mengikuti mata kuliah "Personality Development". Terlebih lagi, pengajarnya adalah dosen idola saya, yaitu Pak Xavier QP. Sungguh luar biasa sekali jika saya bisa belajar dari beliau tentang 'Personality Development' dan juga berbagai ilmu lainnya yang diberikan semua kepada kami-- para mahasiswanya.

Baca juga tulisan Xavier Quentin Pranata: Membiarkan [Bahkan Mengajak] Anak Menonton Film Horor? Ini 10 Bahayanya

Dalam mata kuliah ini saya belajar bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik, bagaimana saya mengenali diri sendiri, dan bagaimana menguasai serta mengembangkan diri sendiri.

Dalam kelas yang saya sebutkan di atas, bukan hanya teori saja yang kami dapatkan, tetapi lebih dari itu,di akhir mata kuliah kami diminta untuk berpraktik. Sungguh menakjubkan sekali, karena pada akhir kuliah, ternyata kami telah banyak mengalami kemajuan yang sangat signifikan.

Mahasiswa yang tadinya pendiam pun kini bisa menjadi orang yang terbuka, yang pemalu menjadi lebih berani, dan yang tidak tampak bakatnya jadi terlihat bakatnya. Wow! Mata kuliah ini sangat saya sukai! Cara mengajar Pak Xavier yang sangat menyenangkan pun menunjang atmosfir kelas. Pertemuan selama 4 jam di kelas serasa hanya 1 jam saja. Waktu belajar yang lamanya 5 hari bagi saya terasa sangat cepat sekali, dan menurut saya hasil yang kami dapatkan sangat luar biasa.

Ternyata hal yang terpenting yang harus kita ketahuilah dalam kehidupan ini ada empat dan keempat hal itu diterangkan dalam konsep “Johari Window” (Jendela Johari). Jendela ini memiliki empat 'daun jendela' sebagai berikut:

slidesharecdn

1. Jendela pertama: 'Saya tahu, orang lain tahu'.

Konsep “Saya tahu, orang lain tahu ” menggambarkan hal-hal yang terbuka dari diri kita yang menjelaskan tentang kita dalam hubungan pertemanan, persahabatan, persaudaraan atau hubungan dengan pasangan. Bagian ini menjelaskan hal-hal yang umum mengenai diri kita dan yang bisa diketahui atau dilihat oleh orang lain, misalnya nama kita, pekerjaan, hobi, dan lain-lain. Orang lain dapat mengetahui hal-hal mengenai kita ini, karena itu dinamakan hal yang terbuka.


2. Jendela kedua: 'Saya tidak tahu, orang lain tahu'.

Konsep “Saya tidak tahu orang lain tahu“ menggambarkan hal-hal yang tidak kita ketahui tentang diri kita sendiri, sehingga seolah-olah kita buta tentang diri kita.

Contohnya, bagian ini bisa menggambarkan bagaimana kita mungkin saja tidak mengenali bakat kita sendiri, namun orang lain justru bisa melihat bakat tersebut di dalam diri kita.

Ada seorang teman saya yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki bakat di bidang pemasaran, tetapi justru sayalah yang melihat bahwa dia bisa menjadi seorang tenaga pemasar yang andal. Akhirnya, karena saya terus memberinya dorongan dan semangat, sekarang teman saya itu telah menjadi seorang Kepala Pemasaran di sebuah perusahaan terkemuka di Ibukota.


3. Jendela ketiga: 'Saya tahu, orang lain tidak tahu'.

Konsep “Saya tahu, orang lain tidak tahu“ merupakan konsep yang menggambarkan hal-hal yang tersembunyi tentang diri kita, yaitu hal-hal yang hanya kita ketahui sendiri.

Ternyata, di dalam diri setiap orang pasti ada hal-hal yang tersembunyi dari mata orang lain dan hanya diketahui oleh diri kita sendiri dan (tentunya) oleh Tuhan saja.

Berdasarkan konsep ini, maka Janganlah pernah kita beranggapan bahwa kita pasti mengetahui semua hal tentang orang-orang terdekat kita, entah itu teman, sahabat, atau bahkan pasangan kita. Dalam diri setiap orang pasti ada yang namanya rahasia. Sebaliknya, tak mungkin orang lain bisa mengetahui semua hal tentang kita. Namun, ingatlah, Tuhan tahu semua hal tentang kita.

Baca juga: Wanita, Sering Mengalami Kesulitan Memahami Pria? Inilah 3 Rahasia Pria yang Perlu Kamu Tahu


4. Jendela keempat: 'Saya tidak tahu, orang lain tidak tahu'.

Konsep “Saya tidak tahu, orang lain tidak tahu“ menggambarkan hal-hal yang tidak diketahui, baik oleh diri kita sendiri, maupun oleh orang lain. Biasanya hal ini baru terbuka secara tiba-tiba. Contohnya, ketika sesi praktek dala kuliah 'Personality Development' seorang teman yang ditugaskan untuk berakting, ternyata dapat melakukannya dengan baik. Padahal, sebeumnya bakat beraktingnya ini tidak terlihat. Teman saya ini pun merasa kaget terhadap kemampuan aktingnya karena dia sendiri sebelumnya merasa tidak bisa berakting.

Sebagai kesimpulan, saya ingin mengatakan bahwa 'Jendela Johari; yang sudah saya ceritakan di atas adalah sarana yang bisa kita pakai untuk mengenali natur diri kita dan juga natur orang lain.

Pahamilah bahwa sebelum memenangkan pertempuran, kita harus mengenali diri kita terlebih dahulu seperti yang dikatakan oleh Sun Tzu. Selain itu, Aristoteles mengatakan bahwa mengenali diri sendiri adalah permulaan dari semua kearifan (“Knowing yourself is the beginning of all wisdom")

Klik di bawah ini untuk membaca artikel-artikel inspiratif lainnya:

Sering Mengajak Anak-Anak ke Mall? Inilah Bahaya yang Tak Disadari Orangtua

Ajarlah Anak Bersyukur agar Tak Mudah Putus Asa. Ini Caranya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Belajar Mengembangkan Diri Lewat 'Jendela Johari', Pahami 4 Hal Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Christine Santoso | @christinesantoso

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar