Apakah Pacarmu Saat ini Cocok Menjadi Pendampingmu dalam Menjalani Pernikahan? Cek 3 Hal Ini Saja!

Singleness & Dating

photo credit: Greatist

5.9K
Cocok tidaknya kamu dan pacar tidaklah ditentukan oleh pendapat dan penilaian oleh orang lain, karena yang mengenal pasanganmu bukanlah temanmu. Kamu sendirilah yang harus menentukan dan menilainya.

Kawan janganlah terkejut ketika mengetahui fakta bahwa tak ada pasangan yang benar-benar cocok secara alami satu sama lain. Pastilah ada tantangan dan kesulitan yang muncul ketika menjalin sebuah hubungan. Setiap pribadi itu unik. Itulah kenapa perbedaan selalu saja muncul antara kamu dan pasangan.

Seorang pemuda berkunjung ke rumah saya. Ia menceritakan tentang pacar barunya. Panjang lebar ia berkisah tentang pacarnya, setelah itu ia menanyakan pada saya apakah pacarnya yang sekarang sudah cocok untuknya atau tidak? Saya terdiam dan berpikir tentang pertanyaan itu. Jangan-jangan di luar sana ada banyak anak muda juga bertanya-tanya tentang hal yang serupa.

Bagi saya cocok dan tidaknya kita dengan pasangan itu dinilai dari bagaimana kalian menjalani masa perkenalan selama berpacaran.

Ingatlah bahwa masa berpacaran adalah masa menguji kecocokan dan keserasian. Bukan untuk masa untuk memaksakan kehendak untuk segera menikah, tanpa peduli kondisi relasi yang ada.

Cocok tidaknya kamu dan pacar tidaklah ditentukan oleh pendapat dan penilaian oleh orang lain, karena yang mengenal pasanganmu bukanlah temanmu. Kamu sendirilah yang harus menentukan dan menilainya. Inilah 3 hal dasar yang harus kamu perhatikan selama berpacaran, yang bisa kamu gunakan untuk menilai kecocokanmu dengan pasangan.


1. Kebiasaan hidup

photo credit: Redbook
Apakah kita dapat hidup dengan pacar tercinta setelah kita mengetahui kebiasaan-kebiasaan hidupnya?

Hal ini perlu ditanyakan, sebab ada begitu banyak sepasang kekasih yang mengaku baru tahu kebiasan pasangan yang tidak sesuai dengannya setelah menikah.

Baca Juga : Yakin Sudah Cocok dengan Pacar? Cek 7 Hal yang Dapat Menjadi Sumber Perbedaan dan Kejengkelan dalam Relasi

Beberapa di antara mereka mengenal kekasihnya hanya sebatas bertemu tanpa mengenal lebih dalam kebiasaan pasangannya. Bila kebiasaan hidup kalian sangat berbeda tentunya akan menimbulkan persoalan yang akan membahayakan keluargamu kelak. Jika setelah mengenali kebiasaan hidup pasanganmu, kamu tetap atau bahkan semakin cinta dengannya maka dialah pasangan yang pas buat kamu.


2. Kesungguhan memperjuangkan hidup

photo credit: The Surge

Pasangan yang pas buat kamu adalah pasangan yang dapat memperjuangkan kehidupan dengan sungguh sungguh.

Perhatikanlah daya tahan pasanganmu bila berada dalam keadaan yang susah. Seberapa lama dia bertahan tanpa mengeluh?

Perhatikanlah apakah dia suka mengeluh atau bersemangat dalam menghadapi tantangan dalam kehidupannya. Saat kesalahannya terbongkar olehmu, lihatlah sikapnya, apakah ia dapat mempertanggung-jawabkan perbuatannya atau ia justru menutup diri dan lari dari permasalahan.

Pada awal hubungan, biasanya sepasang kekasih akan berujar dengan kata-kata manisnya "Aku akan berusaha menjadi yang terbaik buat kamu." Menjadi yang terbaik perlu waktu yang panjang untuk membuktikannya.

Selain itu, menjadi yang terbaik dalam kondisi yang baik itu hal yang mudah, tetapi menjadi pribadi yang terbaik dalam kondisi yang sulit dan dalam penderitaan itu yang tidaklah gampang.

Baca juga: Dapatkan Inspirasi dan Strategi untuk Menemukan Jodoh lewat 5 Artikel RibutRukun.com Ini

3. Kehidupan spiritual

Kadang sepasang kekasih tidak memperhatikan spiritualitas sebagai dasar hubunggannya. Sehingga banyak pasangan muda yang tergoda untuk merusak kekudusan spiritual pasangannya. Berhati-hatilah bila pasanganmu sudah mulai meray untuk berlaku tidak menghargai kekudusan. Pada saat pasanganmu menjaga kekudusan hidupnya sendiri, maka ia akan mampu menghargai juga kekudusan hidupmu. Kehidupan spiritual pasanganmu dapat terlihat dari kebiasaannya beribadah dan ketaatannya kepada Tuhan.

Mungkin sedikit klise, tapi pasangan yang cocok adalah pasangan yang bisa mendorongmu menjadi lebih baik dan memberikan semangat untuk hidup dekat Tuhan.

Baca Juga : Wanita, Periksa Kesiapan Pasanganmu untuk Menikah Lewat 4 Pertanyaan Ini

Saat pasangaanmu berani menjaga kehidupan spiritual di hadapan Tuhan, maka dia juga akan menjaga dan mengingatkanmu untuk berlaku baik. Itulah 3 hal yang bisa kamu jadikan landasan dalam menilai hubungan yang sedang kamu jalani.


Kamu yang sedang berusaha menemukan jodohmu, berikut artikel yang bisa menginspirasimu:

Kalijodo, Jodoh Kali Ya? Inilah 3 Penghambat Utama yang Menyebabkan Jodoh Tak Kunjung Datang

Belum Juga Menemukan Pasangan Hidup? Jangan Menyerah, 8 Langkah ini Akan Memberikan Harapan Baru Untukmu!

Kamu yang Masih Menunggu Jodoh yang Tepat, Ini Penting Untukmu!

Yakin Sudah Siap Menikah? Inilah 5 Kenyataan yang Harus Kamu Ketahui sebelum Memasuki Gerbang Pernikahan



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Apakah Pacarmu Saat ini Cocok Menjadi Pendampingmu dalam Menjalani Pernikahan? Cek 3 Hal Ini Saja!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yoel Prasetyo | @yoelprasetyo

Yoel Prasetyo adalah pembicara publik dan pemerhati perkembangan anak, dan juga sebagai pengajar di sebuah yayasan. Berasal dari Solo saat ini tinggal di Surabaya.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar