9 Life Lessons dari 9 Karakter Zootopia yang Akan Membuatmu Memandang Hidup dengan Lebih Bijak

Reflections & Inspirations

[Image: animecomplexium.com]

13.2K
Anyone can be anything in Zootopia! Bukan sekadar sebuah film yang menghibur, Zootopia juga mencerahkan. Tidak hanya cocok untuk anak-anak, orang dewasa pun bisa menikmati dan belajar tentang kehidupan dari film ini.

Zootopia? Saya tak tahu film macam apakah itu ketika anak saya memberitahu bahwa Zootopia telah tayang di bioskop. Saya dan istri pun menemani anak-anak menonton. Ternyata, film ini sangat menarik! Bukan sekadar lucu, jalan ceritanya ternyata tak mudah tertebak. Pesan moralnya pun menawan.

Inilah 9 life lessons dari 9 karakter film Zootopia:


1. Anyone can be anything! Tapi, butuh kerja keras setiap saat untuk mewujudkan dan membuktikannya

[Image: disney.wikia.com]

Dalam Zootopia, Judy Hopps adalah seekor kelinci yang bercita-cita menjadi polisi. Ia bekerja keras mewujudkan ambisinya menjadi kelinci pertama di korps kepolisian. Korps kepolisian biasanya diisi dengan binatang-binatang buas berukuran besar, seperti banteng dan gajah. Ia terus berlatih dengan tekun sehingga berhasil menjadi lulusan terbaik di akademi kepolisian. Tak cukup sampai di situ, Ia ternyata harus terus membuktikan kemampuannya di hadapan kepala kepolisian yang bernama Chief Bogo.

Kita tentu memercayai impian kita, namun orang lain, belum tentu. Maka, berjuanglah, buktikan diri di hadapan orang lain.


2. Jangan biarkan luka di masa lalu dan perkataan orang lain menentukan masa depanmu

[Image: disney.wikia.com]

Nick Wilde adalah seekor rubah yang sangat licik dan mendapatkan keuntungan dengan menipu binatang-binatang lain. Sebenarnya Ia tak terlahir sebagai binatang licik, namun teman-teman sepermainan membullynya, sehingga menimbulkan luka hati yang kemudian mengarahkan perjalanan hidupnya menjadi penipu ulung. Ketika Judy Hoops memercayainya, Nick Wilde pun berubah! Kelicikan berganti dengan kecerdikan untuk menolong yang lain. Ya, kita membutuhkan orang lain untuk menampilkan sisi terbaik diri kita.


3. Ada banyak cara untuk membalas hutang budi karena pertolongan orang lain kepada kita

[Image: disney.wikia.com]

Fru-Fru diselamatkan nyawanya oleh Judy Hopps dari donat raksasa yang jatuh. Ia tahu bagaimana membalas budi dengan beberapa kali menolong Judy Hopps melalui kekuatan tangan ayahnya, yakni Mr. Big yang ditakuti semua orang.

Ketika kita menyadari betapa berharganya pertolongan orang lain, maka selalu ada jalan untuk mengucapkan dan mewujudkan terima kasih itu dalam banyak cara.


4. Bukan sekadar bekerja, hidup adalah soal bagaimana menikmati pekerjaan itu

[Image: disney.wikia.com]

Officer Clawhauser adalah harimau gemuk, lucu, dan suka bergoyang. Ia bekerja di bagian resepsionis dari kantor kepolisian. Tak pernah terlihat sedih, kecuali ketika harus mengemasi barang-barangnya untuk pindah ke tempat lain. Tak pernah terlihat terlalu serius bekerja, Ia selalu punya cara untuk ceria dan menikmati pekerjaannya. Kata orang: pilihlah pekerjaan yang kamu sukai sehingga kamu tak merasa sedang bekerja ketika melakukannya.


5. Bersedialah memberikan kesempatan pada orang lain untuk membuktikan diri

[Image: disney.wikia.com]

Penampilan Chief Bogo sangat cocok dengan jabatannya sebagai kepala polisi di Zootopia. Ia sempat memandang remeh Judy Hopps dengan memberikan pekerjaan yang paling mudah kepadanya, sebagai penjaga parkir. Akhirnya, karena terdesak oleh beberapa hal, Ia pun memberikan kesempatan bagi Judy Hopps untuk membuktikan dirinya.

Kita tentu selalu punya prasangka terhadap segala sesuatu, tapi kesediaan untuk membuka diri dan menguji ulang prasangka itu adalah hal yang luar biasa.


6. Mencintai kadangkala berarti harus rela membiarkan orang yang dicintai pergi untuk mewujudkan impiannya

[Image: disney.wikia.com]

Bonnie Hopps dan Stu Hopps adalah orangtua yang sangat mengasihi anak mereka, Judy Hopps. Tak ingin anak mereka berada dalam keadaan bahaya dan terluka, namun akhirnya mereka melepaskan Judy Hopps untuk mengejar impiannya. Ya, kadangkala cinta tak berarti selalu berada dekat dengan orang tercinta, namun bisa juga berarti mengizinkannya pergi untuk meraih masa depannya.


7. Tiap orang punya kontribusi yang unik bagi lingkungan

[Image: disney.wikia.com]

Gazelle adalah penyanyi dengan banyak penggemar di Zootopia. Ia tak punya peran politik atau jabatan lain. Namun, melalui ketenarannya, Ia mengungkapkan harapannya untuk Zootopia agar kembali menjadi aman. Apa pun posisi kita, selalu ada jalan untuk berkontribusi bagi hidup orang lain.


8. Ambisi bisa membawamu ke puncak keberhasilan, atau ke lembah kehancuran

[Image: disney.wikia.com]

Tokoh ini terkesan lemah, lugu, dan 'jadul'. Namun, siapa mengira bahwa ia sebenarnya adalah .... (sensor). Ambisilah yang mengubah Bellwether menjadi sosok yang .... (sensor lagi)

Hati-hati dengan ambisimu! Ambisi bisa membawamu ke puncak keberhasilan, atau ke lembah kegagalan.


9. Hati-hati, penampilan bisa menipu

[Image: disney.wikia.com]

Flash adalah seekor kukang (sloth), binatang pemalas yang amat lamban. Ia lamban (tentu saja, Ia seekor kukang!) dan gemar menceritakan jokes. Namun, di ujung kisah Zootopia, Ia memberikan kejutan: ngebut dengan sebuah mobil sport! Siapa sangka! Jangan hanya menilai seseorang dari penampilan dan gerak-gerik sesaat saja.


Selamat menyaksikan Zootopia!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "9 Life Lessons dari 9 Karakter Zootopia yang Akan Membuatmu Memandang Hidup dengan Lebih Bijak". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wahyu ‘wepe’ Pramudya | @wahyupramudya

Wahyu 'wepe' Pramudya adalah seorang pembicara, nara sumber acara di radio dan penulis buku. Wepe tinggal di Surabaya.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar