5 Kutipan Inspiratif dari Film Coco yang Membuatmu Ingin Segera Menontonnya

Reflections & Inspirations

[image: majic]

1.4K
Memori adalah jembatan antara yang hidup dan yang mati. (Wepe, setelah menonton Film Coco)

Memori adalah jembatan antara yang hidup dan yang mati. Demikianlah saya menyimpulkan Coco, film apik produksi Pixar yang direlease oleh Walt Disney Picture. Saya rasa inilah salah satu film terbaik bagi anak-anak di tahun ini. Alur kisahnya sederhana namun menyimpan kejutan yang memikat di akhir cerita. Tenang saja, saya tak akan memberikan spoiler nya dalam tulisan ini. Sila menikmatinya bersama seluruh anggota keluarga, karena film ini untuk segala umur.

Saya hanya ingin berbagi quotes atau kutipan percakapan terbaik dari film ini.


1. “No one was going to hand me my future, it was up to me to reach for my dream, grab it tight and make it come true.” (Ernesto de la Cruz)

[image: bustle]

Saya rasa kalimat ini sangat menggambarkan kehidupan dan karir Ernesto de la Cruz, seorang penyanyi tenar dalam kisah Coco ini. Kalimat yang menggambarkan keyakinan dan perjuangan Ernesto de la Cruz menuju puncak popularitasnya. Popularitasnya begitu luar biasa, bahkan sampai di dunia orang mati. Ia rela meninggalkan keluarga dan bahkan melakukan hal yang terduga atas diri sahabatnya sendiri.


2. “Never forget how much your family loves you.” (Mama Imelda)

[image: pixar]

Mama Imelda adalah great-great-grandmother dari Miguel, anak berusia 12 tahun yang menjadi tokoh utama dalam film Coco. Saya rasa tidak ada sosok yang lebih tepat untuk mengatakan kalimat ini selain dari tokoh Imelda ini. Perjalanan hidup keluarganya yang tak mudah, khususnya terkait bagaimana orang terdekat meninggalkannya, membuat kalimat ini “nancep” di hati para penonton.


3. “You don’t have to forgive him, but we shouldn’t forget him.” (Miguel)

Dari bibir tokoh berusia 12 tahun dalam kisah Coco, mengalirlah kalimat bernas ini. Ada perbedaan yang dengan jelas hendak ditegaskan antara mengampuni dan melupakan. Betapa pun besar kesalahan orang di masa lalu, dan kita belum dapat memafkannya, tapi itu tak berarti kita harus melupakan orang itu. Melupakan, alias membuang seseorang dari memori, akan membuang kesempatan bagi hadirnya pengampunan, bukan?

[image: konbini]

4. “We may have our differences, but nothing’s more important than family.” (Miguel)

Ya, apalagi yang lebih penting dari keluarga? Ada, bagian sebagian orang. Barangkali adalah perjalanan karir atau popularitas yang menyebabkan seseorang meninggalkan keluarganya. Jika Anda menonton film ini, maka Anda akan mengetahui siapa tokoh yang tega meninggalkan keluarga demi karirnya. Siapa yang menyesalinya, dan siapa yang tidak menyesalinya.

Keluarga dalam kisah Coco ini, walaupun punya latar belakang yang sama serta pekerjaan yang sama, ternyata juga bisa berbeda pendapat dalam hal tertentu. Sangat menarik memperhatikan bagaimana keluarga ini menyelesaikan perbedaan yang ada sebagai keluarga.


5. “Our memories have to be passed down.” (Hector)

[image: youtube]

Film Coco ini mengambil latar belakang budaya Meksiko, khususnya pada Festival Dia De Los Muertos. Festival ini merayakan hari kematian bukan lagi dalam situasi bersedih melainkan momen bahagia. Selama perayaan berlangsung, keluarga biasanya mengunjungi makam dan membawa persembahan untuk almarhum, seperti bunga, lilin dan makanan.

Sementara di rumah-rumah, keluarga membuat altar dan menghormati orang yang telah meninggal dengan roti manis, makanan kesukaan almarhum, foto, marigold (bunga kematian), pernak-pernik, dan gula berbentuk tengkorak.

Saya rasa budaya ini hendak menegaskan bahwa yang menjadi jembatan adalah orang yang hidup dan yang mati adalah memori. Kenanganlah yang membuat seseorang tetap hadir dalam perjalanan keluarga. Oleh karena itu, kenangan-kenangan itu harus diwariskan lewat cerita bagi generasi selanjutnya.

Yuk, segera ajak keluarga menonton film apik ini. Selagi long weekend, selamat menikmati film yang mendapatkan rating tinggi ini: 97% di Rotten Tomatoes, 9/10 dari IMDb, dan 4/5 dari Common Sense Media.


Baca Juga:

Moana: 5 Pelajaran Penting tentang Mempersiapkan Masa Depan Anak

Satu Pelajaran Mahapenting bagi Orangtua dari Film Spider-Man: Homecoming

Membiarkan [Bahkan Mengajak] Anak Menonton Film Horor? Ini 10 Bahayanya


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Kutipan Inspiratif dari Film Coco yang Membuatmu Ingin Segera Menontonnya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wahyu ‘wepe’ Pramudya | @pramudya

Wahyu 'wepe' Pramudya adalah seorang pembicara, nara sumber acara di radio dan penulis buku. Wepe tinggal di Surabaya.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar