3 Hal Keliru yang Istri Lakukan setelah Mengetahui Suami Berselingkuh

Marriage

[Photo credit: Corynne Olivia]

6.4K
Dalam kondisi luka, seorang perempuan bisa nekat, mengatakan dan berbuat apa saja.

“Ya, saya labrak perempuan itu, Pak Wepe,” begitu jawabnya.

Waktu itu saya menanyakan kepada seorang ibu tentang apa yang sudah ia lakukan setelah mengetahui suaminya selingkuh dengan rekan sekantornya.



Karena kucing tak akan pernah menolak ikan asin

“Kok tidak melabrak suami ibu sendiri?” tanya saya.

Perempuan itu terdiam, mencoba mencari jawaban.

“Gini lho, Pak Wepe. Bapak kan juga laki-laki. Laki-laki itu mirip dengan kucing. Kucing mana sih yang menolak ikan asin?” begitu terangnya kemudian.

Sebenarnya saya agak merasa kurang nyaman dengan perbandingan antara laki-laki dan kucing. Namun, daripada diperbandingkan dengan buaya, kucing masih lumayanlah. Tentu saja, tidak semua laki-laki berperilaku seperti kucing di hadapan ikan asin, bukan?

Baca Juga: Wanita Penggoda Tentu Ada Saja. Namanya Manusia, Pria Bisa Tergoda. Cemburu? Tak Perlu. Hadapi, Ini Kiatnya



Mendatangi dan melabrak si perempuan lain

Inilah salah satu hal yang terus membuat saya heran ketika menangani kasus-kasus perselingkuhan. Pada umumnya, perempuan akan mengambil langkah mendatangi dan melabrak perempuan lain yang menjadi selingkuhan suaminya.

Mengapa? Mungkin karena rasa tersaingi.
Ada perasaan tercampakkan setelah sang suami ternyata memilih berpaling pada perempuan lain.
[Photo credit: Jimmy Bay]

Apakah hal ini menyelesaikan masalah? Tidak selalu. Dalam beberapa kasus, sang suami malah akhirnya memilih untuk membela selingkuhannya. Menceraikan istri yang sekarang, dan memilih hidup bersama selingkuhannya. Ada juga yang kemudian mengatur strategi. Memindahkan sang selingkuhan ke tempat lain, agar situasi aman, dan relasi dapat terus berjalan. Istri resmi merasa menang, tanpa sadar dipecundangi di belakang.



Ingin tahu detail perselingkuhan suami

Hal yang kedua yang tak saya mengerti adalah keinginan para istri untuk tahu detail perselingkuhan suami.

Sebelum ada pengakuan, sang istri menjadi detektif, melacak sana dan sini. Tak jarang hingga mengupah orang untuk membuntuti suami atau si terduga selingkuhan suami.

Kalau sudah tahu, lalu mau apa? Pengakuan dari suami?

Pada umumnya, suami akan mengelak dengan pelbagai cara. Jika terpaksa mengaku, maka suami akan mengaku.

Lalu apa? Tetap terluka, bukan?

”Saya itu ingin tahu, kurang saya apa sih Pak Wepe, kok sampai suami selingkuh?” jelas seorang ibu rumah tangga.

Nah, barangkali inilah salah satu kesalahan terbesar perempuan ketika terjadi perselingkuhan. Perselingkuhan tak harus mensyaratkan ada kekurangan pada diri pasangan.

Bisa jadi sang suami memang tak pernah bisa puas hanya dengan satu perempuan. Tak peduli betapa sempurna pun si istri, sang suami akan terus mencari variasi.

Baca Juga: Mengapa Pria Berselingkuh? Inilah Pengakuan Mengejutkan 5 Pria Peselingkuh



Minta cerai berkali-kali

Hal ketiga yang saya tak mengerti adalah: permintaan cerai yang diungkapkan berkali-kali oleh perempuan kepada suaminya.

”Saya menyesal, Pak Wepe. Ketika suami berselingkuh, karena emosi, saya langsung minta cerai. Maksudnya sih hanya menggertak saja. Tak serius. Eh, ternyata suami saya langsung memprosesnya,” sesal seorang ibu dalam sebuah percakapan.

Saya bisa memahami. Dalam kondisi luka, seorang perempuan bisa nekat, mengatakan dan berbuat apa saja.

[Photo credit: Mariam Sitchinava]
Namun, pikirkan baik-baik kata-kata yang akan keluar dari bibir. Jangan sampai mengungkapkan sesuatu yang tak sungguh-sungguh kita maksudkan.

Pada umumnya, pria mempunyai ego yang cukup besar. Dalam kondisi perselingkuhan yang terungkap, pria yang merasa 'terancam' dapat mengambil langkah di luar dugaan, tak kalah emosionalnya dengan perempuan yang terluka. Ditantang menceraikan, tak terbilang pria yang langsung saja melakukannya.

Baca Juga: Suami Selingkuh, Istri Cerdas Bertindak Realistis. Begini Strategi Teman Saya Mengatasi Perselingkuhan Suaminya


Saya mengerti, perselingkuhan adalah mimpi buruk bagi tiap pernikahan. Ketika pria berselingkuh, wanita pun terluka. Demikian pula sebaliknya, bukan? Hanya, janganlah peristiwa buruk itu bertambah buruk karena respons yang kurang memadai.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "3 Hal Keliru yang Istri Lakukan setelah Mengetahui Suami Berselingkuh". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wahyu ‘wepe’ Pramudya | @pramudya

Wahyu 'wepe' Pramudya adalah seorang pembicara, nara sumber acara di radio dan penulis buku. Wepe tinggal di Surabaya.

BAGAIMANA MENURUTMU ?

Silahkan login untuk memberi komentar